APTRI Ajukan Usulan HPP Gula Petani Tahun ini Sebesar Rp. 12.000

Musim giling tahun 2018 direncanakan akan dimulai pada bulain mei ini, bahkan sebagian sudah ada yang giling di bulan April 2018.  Pada tahun ini, Dewan Pimpinan Nasional Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (DPN APTRI) mengusulkan HPP Gula Petani kepada Pemerintah sebesar Rp. 12.000/kg.  Ketua Umum APTRI Soemitro Samadikoen mengatakan bahwa DPN APTRI telah menerima masukan dari petani tebu dan melakukan perhitungan yang diperoleh angka Rp. 12.000/kg untuk HPP Gula Petani Tahun ini.

Menurut Soemitro, perhitungan besaran HPP didasarkan pada biaya pokok produksi. Pada tahun ini ada kenaikan biaya pokok produksi diantaranya adalah biaya garap / upah tenaga kerja yang cukup signifikan dan juga pengingkatan pada biaya produksi lainnya.

Soemitro berharap dengan HPP Gula Petani sebesar Rp. 12.000, petani tebu dapat memperoleh keuntungan yang layak, mengingat akhir-akhir ini petani tebu belum dapat merasakan manisnya harga gula. Pemerintah selaku pemangku kebijakan diharapkan agar mendengarkan keluhan dan usulan petani dan dapat menetapkan HPP Gula Petani sebesar Rp. 12.000,-/Kg.

Leave a Reply